Beranda Lain-Lain Metro Rakyat

Nekat!, Jenazah Diseberangkan Lewat Sungai Gunakan Loader di Morut

139

METRORAYA.com – Ditengah hiruk pikuk hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 Tahun, sebuah peristiwa lain terjadi di Kabupaten Morowali Utara (Morut), Provinsi Sulawesi Tengah. Jenazah diangkut menggunakan alat berat jeniz Loader menyebrangi sungai.

Menurut keterangan salah satu Tokoh Masyarakat setempat A.Amiruddin Kasim Petta Nyon’ri, peristiwa itu terjadi di Kecamatan Mamosalato, Kabupaten Morut 12 Agustus pekan lalu.

“Jenazah (itu) Imam Masjid Desa Tanasumpuh Kecamatan Mamosalato, Kabupaten Morut,” kata A. Amir Kasim saat berbincang bersama media ini Jumat (18/8/2017).

Aksi nekat itu turut dibantu oleh Kader Partai NasDem kemudian Operator Loader dan Excavator bersama masyarakat. Terjadi disaat sungai sedang banjir dengan arus cukup deras.

Kasim menjelaskan kronologis peristiwa itu. Pada Jumat malam pecan lalu,  dia didatangi oleh rekannya bernama Ustad Sugianto.

“Beliau numpang ditempat saya malam itu jam 08.00 WITa karena lagi hujan,” kata Kasim.

Lanjut, saat itu Ustad Sugianto menyampaikan ke Amir Kasim bahwa sedang menunggu mayat Imam dari luwuk, Kabupaten Banggai.

“Jadi waktu malam itu kami ngobrol sampai larut sekitar pukul 01.00 WITa lewat dan ketika mobil jenazah sudah dekat baru kami beranjak,” jelasnya.

Namun di tepi jembatan yank akan dilintasi mayat itu sungai sedang meluap dan arusnya cukup deras. Sementara jembatan di lokasi telah hanyut dibawa air pasca banjir Morut beberapa waktu lalu.

“Jadi saya dan pak ustad putuskan tunggu agak terang soalnya malam itu lagi hujan dan gelap sekali,” jelasnya. Sabtu pagi ia berusaha menyebrangkan mayat menggunakan perahu.

“Tetapi tidak berhasil. Satu perahu yang biasa dipakai menyebrangkan orang dan mobil tenggelam, jadi kami tidak berani,” kisanya.

Lanjut dia mencoba berkomunikasi dengan pihak proyek yang sedang bekerja di area itu.

“Kita coba pakai excavator tapi karena dalam operatornya tidak berani. Akhirnya pukul 10.15 WITa loader datang setelah meminta bantuan ke pihak perusahaan yang kerja jalan dan Alhamdulillah pukul 10:30 WITa jenazah berhasil disebrangkan,” jelasnya.

Imam tersebut meninggal di Luwuk Kabupaten Banggai diduga karena sakit dan di bawa ke rumah keluarga di Kabupaten Morut, Sulawesi Tengah. (Widjaja)

source video: YouTube

Berikan komentar dan tanggapan di bawah ini

Facebook Comments

LEAVE A REPLY