Beranda Lain-Lain Metro Rakyat

Mengenang Sejarah, Monumen KAPKP Dibangun di Alun-Alun Smart 

100
Kepala Bidang Penataan Ruang, Herry Munier.: Firmansyah/METRORAYA.com

METRORAYA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju Utara, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), menggenjot pembangunan monumen tugu Komite Aksi Pembentukan Kabupaten Pasangkayu (KAPKP),  yang sementara dibangun di Alun-Alun Smart, Kota Pasangkayu.

Monumen KAPKP ini disinyalir dibangun untuk mengenang para pejuang pemekaran daerah itu. Meski tidak memperoleh upah dari perjuangan, namun para tokoh daerah dengan gigih bekerja ikhlas mendirikan kabupaten Matra, daerah bagian paling utara di Sulawesi Barat.

Kepala Dinas PUPR, Budiyansa ST, melalui Kabid Penataan Ruang Herry Munier ST, ditemui wartawan di Ruang kerjanya, membenarkan adanya pembangunan monumen di alun-alun smart itu. Adapun jenis kegiatannya, kata dia, yakni pembangunan monumen dan sarana lainya pada alun-alun smart.

“Monumen itu berisikan para tokoh KAPKP, dan pejuangnya, semua dituangkan di monumen ini,” ungkap Herry Munier ST, Rabu, (9/8/2017).

Dia menambahkan, selain monumen ini namun terdapat fasilitas lainnya yang akan dibangun. Seperti fasilitas olahraga, yang stand by alatnya menjadi fasilitas umum di alun-alun smart. Bahkan taman bermain, seperti  ayunan dan lainya, kemudian area rekreasi dan kolam, serta area parkir akan konflik disana.

“Namun sarana bermain dan olahraga itu dibangun secara bertahap,” jelas pria dengan ciri khas kacamata itu.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Layanan Pengadaan, Malik ST, dikonfirmasi di Ruang kerjanya, mengatakan, proyek pembangunan monumen dan sarana lainnya pada alun-alun smart itu telah selesai lelang, terhitung pada 10 Juli 2017 lalu.

“Pemenang terdernya yakni CV Arlindo Konstruksi, dengan nilai kontrak Rp.1,984,563,000 dari pagu anggaran Rp.2 Miliar,” jelas Malik, yang juga mantan Kabid Pengairan itu.

Sekadar diketahui, para tokoh dan penggagas yang diketahui publik saat ini, yakni, Bupati Matra H Agus Ambo Djiwa selaku Ketua KAPKP. Kemudian Penggagas pemekaran daerah lahir dari inisiatif H Yaumil Ambo Djiwa.

Kemudian para politisi, yang dikabarkan ikut terlibat, seperti Ketua Demokrat Matra, Musawir Azis Isham SH MSi. Ketua PAN Matra, Uksin Djamaluddin SH MH. Ketua PDIP Matra, Lukman Said SH, dan Legislator senior lainnya seperti Saifuddin Andi Baso, Aksan H Yambu, H Andi Enong, dan lainnya. (Firmansyah) 

Berikan komentar dan tanggapan di bawah ini

Facebook Comments

LEAVE A REPLY