Beranda Lain-Lain Metro General

Melihat Monyet Kelaparan di Jalur Kebun Kopi Palu-Parigi

623
Warga terlihat memberi makanan ke monyet liar yang turun ke jalan. Foto: Situr/METRORAYA.com

METRORAYA.com – Diduga kelaparan, segerombolan monyet turun gunung meninggalkan hutan. Kawanan monyet ini beramai-ramai ke jalan mendekat dengan manusia untuk minta makanan.

Peristiwa itu terjadi di Jalur Trans Sulawesi Perbatasan Parigi-Donggala KM 12. Pantauan Media ini Minggu (18/6/2017) sekitar pukul 14.00 WITA, sejumlah pengguna jalan yang melintas di KM 13, nampak memberikan sejumlah makanan ke kawanan monyet yang kelaparan itu.

Monyet-monyet itu tampak lahap menyantap makanan yang diberikan warga seperti pisang, mangga dan buah buahan.

Ada sekitar 20 ekor monyet yang turun ke jalan mendekat dengan manusia, bukan hanya monyet dewasa, tapi terlihat juga beberapa anak monyet yang membaur dengan manusia. Sehingga moment tersebut menjadi objek wisata dadakan bagi warga yang kebetulan melintas.

Hampir semua penguna jalan yang melintas di perbatasan Parigi-Donggala itu singgah hanya untuk sekedar berfoto foto dan memberikan makanan monyet yang sedang turun ke jalan itu.

Sontak peristiwa langkah ini menjadi pusat perhatian siapa saja yang melintas. Dan kejadian ini sudah berlangsung terjadi sejak beberapa pekan terakhir.

Akibatnya lalu-lintas di jalur yang terkenal dengan sebutan Kebun Kopi tersendat. Sejumlah kendaraan roda dua dan empat menumpuk di pinggir jalan sempat menghambat lalu-lintas dari kedua arah.

Saat menyantap pisang yang diberikan warga. Foto: Situr/METRORAYA.com

Karena jalur Trans Sulawesi Perbatasan Parigi Donggala itu sendiri, letaknya di hutan belantara, namun hutan-hutan ini kian terkikis oleh perambahan-peramabahan sebagian orang yang tidak bertanggung jawab dan mengakibatkan satwa-satwa mulai kelaparan serta meninggalkan hutan memilih ke pemukiman penduduk.

Salah seorang warga, Afdal, mengatakan, turunya monyet-monyet ini diduga karena kehabisan stok makanan didalam hutan. “Akibat perambahan inilah hewan sepeti monyet ini berkeliaran ke jalan raya,” ujarnya.

Sebagai warga, dirinya berharap, pihak terkait segera mengambil langkah untuk mengecek ke dalam hutan apa penyebab satwa itu turun ke pemukiman penduduk dan minta makan ke warga.

“Paling tidak Dinas Kehutanan atau pemerhati Lingkungan Hidup kroscek kesana,” paparnya. (Situr) 

Bapak-Bapak Bilang Begini Saat Dirazia Polisi di Donggala

Warga Salah Satu Desa di Banggai Buat 1000 Obor, Ini Tujuannya

Warga Donggala Lari Saat Akan Diperiksa Polisi, Ternyata Bawa Ini

Wow!, Ternyata Morowali Utara Juga Penghasil Batu Marmer

Berita-berita hangat seputar Sulawesi Tengah ada di www.metroraya.com, ikuti terus perkembangannya agar tidak ketinggalan informasi. Jangan hanya baca, sampaikan juga informasi kejadian disekitar anda melalui email: metrorayanews@gmail.com

Facebook Comments

LEAVE A REPLY