Beranda Metro Raya

Kenapa Penumpang Naik dan Turun dari Sisi Kiri Pesawat?

138
Pesawat Garuda. (Foto: Ist)

METRORAYA.com – Kalau traveler naik pesawat, pasti jalur masuknya melalui sisi kiri. Kira-kira, kenapa ya?

Ternyata, ada alasan mengapa pintu pesawat untuk boarding dibuat di bagian kiri. Ditelusuri detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (26/1) ada beberapa faktor yang menjadi pengaruhnya.

Pertama, karena sang kapten pilot selalu duduk di sisi kiri pesawat. Sehingga memudahkan untuk memantau para penumpang yang sedang masuk atau ada di dalam pesawat nantinya.

Selain itu, petugas operasional maskapai Virgin Atlantic pernah menjelaskan mengapa kapten pilot duduk di sisi kiri,

“Kapten duduk di sisi kiri karena ia memiliki tanggungjawab untuk memarkirkan pesawat dan harus melakukan taxi (proses jalan di darat menuju runway – red) dekat garbarata (jembatan penghubung terminal dan pesawat – red),” ujarnya.

Hal lainnya adalah tangki bahan bakar yang letaknya berada di bagian kanan pesawat. Sehingga, agar lebih aman untuk para penumpang, pintu masuk berada di arah sebaliknya.

Ini juga dibenarkan oleh pihak Otoritas Penerbangan Sipil (CAA), bahwa pintu pesawat memang selalu dibuat di sisi kiri pesawat. Ternyata ada hubungannya dengan kegiatan pengisian bahan bakar pesawat.

“Akses masuk pesawat selalu dibuat di sisi kiri. Maksudnya karena ada pergerakan kendaraan di sisi ini. Pengisian bahan bakar maskapai pesawat komersial walau tidak semua dilakukan di sisi kanan,” ujar CAA seperti diberitakan Daily Mail.

Selain itu, dulu hal ini merujuk kepada kapal laut yang menaik turunkan penumpang dari sisi kiri. Serta posisi turun penumpang, yang umumnya berada di bagian kiri. (detik.com)

Berikan komentar dan tanggapan di bawah ini

Facebook Comments

LEAVE A REPLY