Beranda Lain-Lain Metro Food

Ini Perbedaan Binte Gorontalo dan Binte Sulteng

272
Foto: Istimewa

METRORAYA.com – Ada perbedaan antara makanan khas sulawesi ini, yaitu Binte Provinsi Gorontalo dan Binte Provinsi Sulawesi Tengah. Siapa yang tidak mengenal salah satu makanan khas Indonesia ini.

Binte sebenarnya berasal dari Gorontalo. Kata binte sendiri dalam bahasa Gorontalo berarti jagung. Di daerah Palu, Sulawesi Tengah, binte juga biasa disebut dengan nama Milu Siram. Seperti arti namanya, bahan bakunya tentu terbuat dari jagung, hanya saja jagung yang dipakai adalah jagung biasa (lokal).

Pada dasarnya binte di Gorontalo dan di Sulawesi Tengah mempunyai resep sama, perbedaannya hanya terletak pada bahan jagungnya. Di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Binte mengalami sedikit modifikasi.

Lanjut, modifikasi itu terutama dari bahan dasarnya yang mulanya dari jagung biasa menjadi jagung pulut atau ketan manis (Zea mays Ceratina).

Binte jagung ketan manis banyak dijajakan di warung-warung yang berada di Kota Palu. Harganya pun beragam, mulai dari Rp 10.000 sampai dengan Rp 17.000 per porsi.

Benih Pertiwi tidak ketinggalan ikut dalam memperkaya jenis varietas jagung ketan manis di pasaran Indonesia. Salah satu produk yang saat ini telah menjadi trend di lembah Palu. Keunggulannya yakni tahan simpan, manis dan lebih besar. Nah, kamu sudah tahu kan sekarang perbedaanya?. (Situr/Benih P)

BACA JUGA: 2 Orang Pembawa Narkoba 5,10 Kg di Tolitoli Terancam Hukuman Mati

BACA JUGA: Polisi Tembak 2 Orang Bawa Narkoba 5,10 Kg di Tolitoli

BACA JUGA: Kepergok Mencuri, Seorang Pemuda Diamuk Warga Luwuk

Berita-berita hangat seputar Sulawesi Tengah ada di www.metroraya.com, ikuti terus perkembangannya agar tidak ketinggalan informasi. Jangan hanya baca, sampaikan juga informasi kejadian disekitar anda melalui email: metrorayanews@gmail.com

Facebook Comments

LEAVE A REPLY