Beranda Metro Raya Metro Dunia

Hasil Piala AFF U-18: Usai Bantai Myanmar, Indonesisa Bantai Filipina 9-0

147
Para pemain timnas U-19 merayakan gol Febri Eka ke gawang Filipina pada pertandingan Piala AFF U-18 di Myanmar, Kamis (7/9/2017).(Dok. PSSI)

Metro Sport Jumat 9 September 2017 merangkum hasil kemenangan U-18 menghadapi dua Negara dalam liga AFF. Kali ini Indonesia berhasil patahkan musuh di kandang lawan, Myanmar dan Filipina dengan hasil skor yang cukup membangkan bagi tanah air.

Tim nasional U-19 Indonesia tampil luar biasa dengan meraih kemenangan 9-0 atas Filipina pada pertandingan kedua Grup B Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Kamis (7/9/2017).

Pelatih tim nasional U-19, Indra Sjafri, menurunkan tiga pemain baru pada laga ini. Ketiga pemain tersebut adalah Samuel Christianson, Asnawi Mangkualam, dan Syaharin Abimanyu.

Garuda Nusantara sempat menerima ancaman terlebih dulu lewat tendangan dari jarak jauh Mariano Suba pada menit keempat.

Beruntung, kiper Muhamad Riyandi berhasil melakukan penyelamatan cemerlang dengan menepis bola Suba.

Ancaman tersebut dibalas timnas U-19 lewat gol Feby Eka Putra pada menit ke-9. Dari luar kotak penalti, Feby melepaskan tembakan keras yang tak mampu dibendung kiper Quincy Kammeraad.

Setelah itu, Indonesia tak terbendung. Pada menit ke-22, giliran Egy Maulana yang mencatatkan namanya di papan skor.

Pemain asal Medan tersebut mencetak gol dengan memenfaatkan bola liar di dalam kotak penalti. Tembakan kaki kiri Egy membuat bola bersarang ke tengah gawang Filipina.

Lima menit kemudian, Indonesia unggul 3-0. Gol ketiga pasukan Indra Sjafri diciptakan Muhammad Iqbal memanfaatkan umpan silang Feby Eka Putra.

Timnas U-19 kemudian mendapatkan penalti pada menit ke-30. Sayang, Asnawi yang maju sebagai algojo gagal setelah bola berhasil ditepis.

Berselang enam kemudian, Indonesia untuk kali kedua mendapatkan penalti. Kali ini, Egy yang maju sebagai eksekutor sukses menyarangkan bola.

Iqbal untuk kali kedua mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-40. Pemain bernomor punggung 6 tersebut menjebol gawang lawan melalui eksekusi tendangan bebas. Gol tersebut menjadi torehan terakhir dan Indonesia unggul 5-0.

Selepas jeda, timnas U-19 berusaha menurunkan tempo serangan. Egy Maulana bermain lebih sabar dengan umpan satu-dua. Meski begitu, pasukan Indra Sjafri masih terlihat tajam. Pada menit ke-67, Feby Eka mencetak gol kedua yang membuat timnas unggul 6-0.

Feby Eka mendapatkan bola “gratis” memanfaatkan kesalahan Filipina. Dia kemudian masuk ke dalam kotak penalti dan berhadapan dengan kiper lawan. Dengan tenang, dia melepaskan sepakan mendatar dan gol.

Feby akhirnya membukukan hat-trick pada menit ke-87. Feby mencetak gol dengan memanfaatkan Muhammad Rafli.

Rafli kemudian mencetak gol lewat titik putih pada masa injury time. Indonesia mendapatkan penalti setelah Kammeraad melakukan pelanggaran dan imbasnya dia harus mendapatkan kartu merah.

Hanya berselang semenit, Rafli kembali menjadi aktor di balik gol Resky Fandi. Gol tersebut menjadi torehan pamungkas dan Indonesia menang 9-0.

Indonesia Bantai Myanmar

TIMNAS Indonesia U-19 menang 2-1 atas tuan rumah Myanmar di laga Grup B Piala AFF U-18 2017 di Thuwunna Stadium, Yangon. Sempat tertinggal di babak pertama, dua gol Egy Maulana Vikri membalikkan keadaan.

Gol Myanmar dicetak Myat Kaung Khant pada menit ke-28, sedangkan Indonesia menyamakan skor lewat Egy Maulana pada menit ke-71. Egy Maulana menjebol gawang Myanmar lagi pada menit ke-90+3 untuk membawa kemenangan bagi Garuda Nusantara.

Timnas Indonesia U-19 langsung mengambil inisiatif serangan ke pertahanan Myanmar. Aksi Firza Andika dijatuhkan di luar kotak penalti, Muhammad Lutfi yang mengambil tendangan bebas belum membuahkan hasil untuk Garuda Nusantara pada menit ketiga.

Giliran Egy Maulana mencoba melakukan penetrasi ke area pertahanan tuan rumah, tapi masih dihalau. Tim asuhan Indra Sjafri terlihat tampil percaya diri pada 10 menit pertama pertandingan dengan cukup mendominasi.

Myanmar mulai keluar menyerang. Pada menit ke-11, tembakan Myat Kaung Khant masih dibendung Muhammad Riyandi. Empat menit berselang, gawang timnas Indonesia U-19 terancam lagi, tapi bola masih melenceng.

Saling serang diperlihatkan kedua tim, tapi belum ada yang benar-benar mengancam gawang lawan. Pada menit ke-20, Riyandi keluar dari sarangnya untuk mengamankan bola setelah umpan terobosan datang dari winger Myanmar.

Gawang Garuda Nusantara harus kebobolan pada menit ke-28 ketika Myat Kaung Khant menyambut umpan silang dengan sontekan. Riyandi tak bisa menghalau, Myanmar memimpin 1-0 atas Indonesia.

Egy Maulana dan kawan-kawan kerap kurang jeli dalam mengirim umpan-umpan jauh, terutama dalam crossing. Sepakan Rifad Marasabessy masih melambung pada menit ke-29, Indonesia masih tertinggal.

Serangan balik cepat Myanmar benar-benar membuat Garuda Nusantara kerepotan.  Beruntung, Riyandi tampil sigap kala menangkap tembakan Eant Maw Oo. Sementara, umpan-umpan silang timnas Indonesia U-19 kerap sia-sia.

Peluang tuan rumah didapat pada menit ke-40 lewat tendangan bebas Naing Ko Ko yang disambut sundulan Pyae Sone Naing. Riyandi kembali menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Hingga babak pertama usai, Myanmar unggul 1-0 atas Indonesia. (kps/lp6)

Berikan koemntar dan tanggapan di bawah ini

Facebook Comments

LEAVE A REPLY