Beranda Metro Sulteng Metro Donggala

Donggala Kirim Peserta Utsawa Dharmagita ke Palembang

157
Peserta dari Donggala. Foto: Situr/METRORAYA.com

METRORAYA.com – Sekitar 12 orang umat Hindu dari Kabupaten Donggala, Sulteng diberangkatakan ke Kota Palembang, Sumatera Selatan untuk mengikuti acara keagamaan umat Hindu, atau kegiatan Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional XIII Tahun 2017 yang dihelat sejak 6 sampai 10 Juli.

Sementara total peserta se-Sulawesi Tengah yang ikut pada acara kegamaaan umat Hindu Tingkat Nasional tersebut sebanyak 62 peserta.

“Kalau umat islam seperti MTQ tingkat Nasional, tapi ini untuk umat hindu,” ujar Anggota DPRD Donggala I Wayan Putra, yang juga ikut ke Palembang.

Sementara itu kegiatan Umat Hindu tersebut di pusatkan di Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan.

Ketua Panitia Pelaksana I Watan Budha menjelaskan, kalau Utsawa berarti festival atau lomba, sedangkan dharmagita adalah nyanyian suci keagamaan.

“Dengan demikian Utsawa Dharmagita atau lomba nyanyian suci keagamaan Hindu,” ucapnya di Palembang Sumsel pada puncak acara 10 Juli 2017 lalu.

Acara yang bertemakan Wahana Penguatan Pemahaman, Penghayatan, dan Pengamalan Ajaran Hindu sebagai Wujud Revolusi Mental.

Untuk jenis lomba yang dipertandingkan sebanyak 18 cabang diantaranya Utsawa Dharma Widya SD, Utsawa Dharma Widya SMP dan Utsawa Dharma Widya SMA.

Untuk peserta mencapai 2.000 orang yang merupakan perwakilan umat Hindu dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia termasuk perwakilan dari Sumsel.

Salah satu peserta dari Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala Ayu, mengatakan selama di Palembang sejak 6 Juli lalu banyak mendapat pengalaman.

“Kami juga dinasehati oleh pak Kesti (Wayan Putra Anggota DPRD Donggala), di sana (I Pelembang),” kata Ayu Rabu (12/7/2017).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Nilu, salah satu peserta dari Rio Pakava, ia ke Palembang untuk pertama kalinya mengikuti Utsawa Dharmagita tingkat Nasional.

“Meski kita belum mendapat hasil memuaskan tapi sangat bersyukur,” ucapnya.

Utsawa Dharmagita tingkat nasional XIII tahun 2017 di Kota Palembang  berlangsung sukses, Provinsi Bali resmi sabet juara umum dengan perolehan meraih juara pertama sebanyak 23 mendali, juara kedua lima mendali dan juara ketiga empat mendali. (Situr)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY