Beranda Lain-Lain Metro Food

4 Pilihan Bubur Enak Rasa Lokal yang Cocok Buat Sarapan

122

METROFOOD – Bosan sarapan roti? Bikin saja bubur. Bubur manis atau gurih dari berbagai daerah di Indonesia bisa praktis dibuat. Hangat mengenyangkan!

Bubur bisa jadi pilihan enak buat sarapan. Bahannya bisa tepung beras atau beras. Bubur manis bisa dipadukan dengan jagung, ubi atau biji mutiara. Dilengkapi dengan saus gula merah dan santan tentu makin enak.

Secara tradisional bubur manis atau gurih biasa dinikmati untuk sarapan di berbagai daerah di Indonesia. Kalau ingin sajikan bubur gurih atau yang manis, berikut ini 4 resep detikfood yang bisa jadi pilihan.

4 Pilihan Bubur Enak Rasa Lokal yang Enak Buat SarapanFoto: detikfood

1. Bubur Ayam Jamur
Bubur ini enak dinikmati hangat dengan kaldu ayam. Daging ayam tidak disuwir tetapi ditumis dengan bumbu bawang dan kecap. Cocok dinikmati hangat dengan sambal rawit dan kerupuk.

Sebaiknya buat bubur agak kental sehingga tak terlalu encer saat dinikmati dengan kaldu ayam. Langkah-langkah pembuatannya bisa dilihat di sini!

4 Pilihan Bubur Enak Rasa Lokal yang Enak Buat SarapanFoto: detikfood

2. Bubur Manado
Bubur ini paling gampang dibuat dan menyehatkan. Tinotuan dibuat dengan memadukan labu kuning atau ubi dengan sedikit beras dan beragam sayuran kemudian direbus hingga lunak.

Pelengkap yang tak boleh dilupakan adalah ikan asin jambal roti dan sambal terasi. Jenis bahan-bahan dan cara membuatnya bisa dilihat di resep ini.

4 Pilihan Bubur Enak Rasa Lokal yang Enak Buat SarapanFoto: detikfood

3. Bubur Sumsum Jagung
Bubur manis ini memakai campuran jagung manis yang legit dengan aroma wangi jagung. Bisa dimakan untuk makanan selingan atau sarapan. Gunakan api kecil agar tak mudah gosong.

Sajikan hangat dengan saus santan. Langkah pembuatannya bisa dilihat di resep ini.

4 Pilihan Bubur Enak Rasa Lokal yang Enak Buat SarapanFoto: detikfood

4. Bubur Ubi Manis
Punya ubi jalar? Dengan sedikit tepung kanji, ubi manis yang dipotong-potong dan direbus bisa menjadi bubur manis yang enak dinikmati hangat untuk sarapan atau camilan. Pilih ubi yang tua agar rasanya lembut manis.

Sebagai pelengkap sajikan dengan saus santan segar yang wangi. Ikuti langkah-langkah mudah ini untuk membuat bubur manis ini. (detikF)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY